Minggu, 11 November 2012

penyebaran agama Hindu-Buddha

A. Teori Tentang Masuk dan Menyebarnya Hindu-Budha ke Kepulauan Indonesia 
1. Teori BRAHMANA
(J.C VAN LEUR)
Teori ini menyatakan bahwa yang berperan dalam proses masuknya kebudayaanHindu Budha ke Indonesia adalah Kaum Brahmana dengan alasan para Brahmanadatang ke Indonesia atas undangan para bangsa India yang ada di Indonesia untuk menyebarkan dan mengajarkan agama Hindu karena hanya kaum Brahmana yangdapat membaca kitab weda dan berwewenang tinggi untuk menyebarkan agamaHindu.
2. Teori KSATRIA
(F.D.K. BOSCH)
Teori ini beranggapan bahwa, di Indonesia telah terjadi kolonisasi oleh orang Indiayang kemudian daerah koloni tersebut menjadi pusat penyebaran budaya Indiasehingga timbul gambaran bahwa orang-orang Indialah sebagai golongan penguasaIndonesia dengan demikian yang berperan dalam proses masuknya kebudayaanHINDU-BUDHA adalah golongan prajurit atau kaum ksatria.
3. Teori WAISYA
(N.J.KROM)
Teori ini menyatakan bahwa kaum pedagang dari Indiayang tergolong dalam kasta Waisya selain berdagang jugamembawa adat kebiasaan misalnya upacara keagamaan.Pada umumnya mereka tinggal menetap di Nusantara danselain itu kemungkinan juga terjadi adanya perkawinanantara para pedagang dengan wanita Indonesia, hal inidianggap sebagai saluran penyebaran pengaruh yang penting dalam teori ini.
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 
Menganalisa perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara tradisionalMenganalisis pengaruh perkembangan agamadan kebudayaan Hindu-Budha terhadapmasyarakat di berbagai daerah di Indonesia
Tujuan Penggunaan Modul :
Setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat :1. Menjelaskan proses masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia2. Menguraikan wujud akulturasi kebudayaan Hindu - Budhadengan kebudayaan Indonesia.
Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia
2
Modul Sejarah Kelas XI IPS Semester 1 SMA / MA Kurikulum KTSP
4. Teori SUDRA
Menyatakan bahwa agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia melalui Kasta Sudra.Mereka datang ke Indonesia ingin merubah hidupnya karena mereka di India hanyadijadikan sebagai budak.
5. Teori ARUS BALIK 
Menyatakan bahwa orang Indonesia pergi ke India untuk belajar agama Hindu dankemudian kembali lagi ke Indonsia untuk menyebarkan agama tersebut.
6. Teori GABUNGAN
Para kaum Brahmana, ksatria, Waisya, dan Sudra berkumpul dalam satu kapaluntuk mencari daerah koloni yang dijadikan kekuasaan dan menyebarkan agamaHindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar